Sejarah Kerajaan Kutai

Assalamualaikum wr wb
  Hai sobat selamat datang diblog saya… pada artikel saya kali ini saya akan share ilmu Sejarah Indonesia tentang kerajaan kerajaan pada masa Hindu – Budha beserta Prasastinya,  Tapi pada artikel kali ini yang akan saya share hanya tentang Kerajaan Kutai beserta Prasastinya ya,  hehehehe, Nah tanpa bosa basi lagi silakan anda baca artikel dibawah tentang Kerajaan Kutai dan Prasastinya, Selamat Membaca….

Kerajaan Kutai

  Bila kita berbicara tentang perkembangan kerajaan kutai, tidak lepas dari sosok seorang Raja Mulawarman. Kerajaan ini dinyatakan sebagai Kerajaan Hindu – Budha yang pertama di Indonesia, Kerajaan Kutai diperkirakan terletak di sebuah daerah Muarakaman di tepi Sungai Mahakam, Kaltim. Sungai Mahakam adalah sebuah Sungai yang cukup besar dan juga memiliki beberapa anak Sungai. Daerah dekat dengan tempat pertemuan antara sungai Mahakam dengan anak Sungainya diduga atau diperkirakan letak dari Muarakaman. Sungai Mahakam dapat dilewati kapal mulai dari pantai sampai dengan Muarakaman, sehingga baik untuk perdagangan, inilah posisi yang sangat baik untuk meningkatkan perekonomian masyarakat zaman dahulu.

ini patut dibaca ==>>Microsoft Visio 2013 Download

  Pada masa pemerintahan Raja Mulawarman, Kerajaan Kutai mengalami masa masa keemasanya. Kehidupan ekonomipun mengalami perkembangan dan juga Kutai terletak di tepi sungai, Sehingga masyarakat dapat melakukan pertanian, selain itu mereka sudah ada yang melakukan perdagangan bahkan sudah diperkirakan terjadi perdagangan dengan luar. Jalur Perdagangan Internasional melewati selat Makassar terus ke Filipina dan sampai di Cina, Dalam pelayaran pasti banyak yang singgah di Kutai dengan demikian terjadi pertemuan dan kutai semakin ramai dan makmur.

  Untuk memahami perkembangan Kerajaan Kutai tersebut, tentu memerlukan sumber sejarah untuk menjelaskannya. Ini dia prasasti yang akan menjelaskanya.

Prasasti Kerajaan Kutai

1.  Kerajaan KutaiPrasasti Yupa adalah atau berupa Batu Bertulis, Prasasti Yupa ini adalah prasasti utama dari Kerajaan Kutai dan juga berfungsi sebagai tugu peringatan dari upacara kurban, Yupa ini dikeluarkan pada masa pemerintahan Raja Mulawarman, Prasasti Yupa ini ditulis dengan menggunakan huruf pallawa dan juga bahasa sanskerta. Dengan melihat bentuk hurufnya, para ahli berpendapat Prasasti Yupa ini dibuat sekitar abad ke-5. Hal menarik pada prasasti ini adalah disebutnya kakek Raja Mulawarman yaitu Kudungga. Kudungga berarti penguasa local setelah terkena pengaruh Hindu – Budha Daerahnya berubah menjadi Kerajaan, walaupun sudah terpengaruhi oleh Hindu – Budha  namanya tetap Kudungga berbeda dengan anaknya atau lebih tepatnya putranya yang bernama Aswawarman dan cucunya yang bernama Mulawarman oleh karena itu yang terkenal sebagai Wangsakerta adalah anaknya yaitu Aswawarman.

ini patut dibaca ==>>Sejarah Perkembangan Komputer


Kerajaan Kutai  Salah satu dari yupa yupa itu memberikan suatu informasi penting tentang silsilah Raja Mulawarman. Dijelaskan bahwa Kudungga mempunyai putra yang bernama Aswawarman, Raja Aswawarman dikatakan seperti Dewa Ansuman atau Dewa Matahari, Aswawarman mempunyai 3 orang anak akan tetapi yang terkenal adalah Raja Mulawarman ia dikatakan sebagai Raja terbesar di Kutai dan juga pemeluk Agama Hindu – Siwa yang setia. Tempat Sucinya dinamakan Waprakeswara, ia juga dikenal sebagai Raja yang dekat dengan Rakyat dan Brahmana, Raja Mulawarman sangat dermawan ia mengadakan korban emas dan juga 20.000 ekor lembu untuk para Brahmana, oleh karena itu para Brahmana mendirikan yupa untuk meperingati mengenai upacara korban ini dan juga sebagai rasa terimakasih.

  Salah satu yupa itu berisi keterangan yang artinya “Sang Mulawarman, Raja yang Mulia dan Terkemuka, telah memberi sedekah 20.000 ekor sapi kepada para Brahmana yang seperti api, (bertempat) di tanah yang sangat suci (bernama) Waprakeswara.”

Itu dia artikel tentang Kerajaan Kutai dan prasastinya semoga dapat memperluas pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat ya..
Bye bye.. Wassalamualaikum wr wb…
thanks for visiting my blog


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »