Pengertian, Struktur dan Ciri Ciri Anekdot

Assalamualaikum wr wb

  hai sobat selamat datang di blog saya.. kali ini saya akan shareing materi bahasa indonesia yaitu tentang Pengertian, Struktur, Ciri ciri Anekdot ,
yang akan saya bahas pada artikel Pengertian, Struktur, dan Ciri Ciri Anekdot. tanpa berlama lama lagi silakan sobat baca artikelnya dibawah ya...
Pengertian, Struktur dan Ciri Ciri Anekdot

Pengertian Anekdot

  Kalau berbicara soal anekdot pasti rasanya sobat ingin tertawakan karena dalam anekdot ini berisi sesuatu yang berbentuk kelucuan atau kekonyolan suatu tokoh. Apalagi bagi seseorang yang yang mempunyai selera humor yang tinggi pastinya akan tertawa terbahak bahak jika membaca anekdot tersebut.

Anekdot adalah suatu cerita atau karangan yang berbentuk narasi yang ceritanya atau isinya cenderung singkat dan bersifat menampilkan kelucuan atau kekonyolan seorang tokoh, kekonnyolan pada suatu tokoh dalam peristiwa tertentu. Anekdot juga berguna untuk sarana mengkritik layanan publik tapi dalam penyajianya  disampaikan secara lucu sehingga orang atau pihak yang akan menerima kritik tidak akan merasa tersinggung ataupun sampai marah karena kritikannya. 

Struktur Anekdot

Anekdot memiliki lima struktur, yaitu sebagai berikut:
1. Abstrak  
Struktur pertama pada anekdot adalah abstrak, biasanya abstrak ini berada pada paragraf bagian pertama atau awal yang berisikan penjelasan tentang gambaran secara umum pada suatu cerita anekdot tersebut.

Pengertian, Struktur dan Ciri Ciri Anekdot


2. Orientasi
Bagian yang kedua dari struktur anekdot adalah orientasi yang dalam penjelasanya mengenai latar belakang suatu peristiwa pada cerita anekdot tersebut. 

ini patut dibaca ==>> Daemon Tool Pro Advance

3. Krisis
Struktur yang selanjutnya adalah krisis yang didalmnya di jelaskan tentang kondisi atau peristiwa yang aneh, ganjil, serta unik yang beda dari yang lainya dan tidak biasa terjadi pada karangan narasi manapun.

4. Reaksi
Dari peristiwa mengenai struktur krisis maka akan munculah suatu reaksi atau juga bisa menimbulkan klimaks pada cerita anekdot.

5. Koda
Struktur yang terakhir yaitu adalah koda yang biasanya berisi tentang kesimpulan peristiwa anekdot tersebut dan berisi pernyataan umum, dan pernyataan umum ini adalah pertanda akhir cerita anekdot tersebut.  

Ciri Ciri Anekdot

Ciri-Ciri teks anekdot dibagi menjadi 2 unsur yaitu :
1. Unsur kebahasaan 
Dalam cerita anekdot dalam penyampaianya terdiri dari banyak kalimat.
a. Jenis kalimat, jenis kalimat pada anekdot bisa berupa kalimat berita, tanya, dan juga perintah. 

b. Konjungsi, selain jenis kalimat unsur dalam kebahasaan juga ada konjungsi. Konjungsi atau kata sambung ialah sesuatu partikel yang didalamnya terdapat atau memiliki fungsi dalam penggambungan frasa dengan frasa, kata dengan kata dan lain sebagainya. Konjungsi dibagi menjadi 4 yaitu konjungsi korelatif, koordinatif, subordinatif, dan juga konjungsi antar kalimat.

2. Unsur kesastraan
Unsur dalam kesastraan dibagi menjadi 2 jenis yaitu :
a. Unsur ekstrinsik
Maksud dari unsur ekstrinsik ini adalah bahwasanya unsur ini dapat secara tidak langsung mempengaruhi suatu karya sastra. Cerita lucu dalam anekdot akan mudah dipahami jika seorang pembaca tau dan mengerti tentang kondisi sosial budaya yang terkandung dalam teks anekdot maka cerita tersebut akan sampai pada para pembacanya.

ini patut dibaca ==>> wallpaper Android Naruto HD

b. Unsur intrinsik
Unsur intrinsik dalam teks anekdot dapat mempengaruhu secara langsung dari sebuah karya sastra. Yang dapat  dibagi sebagai berikut :
1. Tema 
Tema ini bersifat implinsit, kita tau bahwa anekdot ceritanya sangat singkat dan habis dibaca sekali duduk dan dalam anekdot ini hanyalah memiliki satu tema utama tetapi ada juga anekdot yang memiliki satu atau dua subtema.

2. Alur 
Setiap cerita pasti ada yang namanya alur cerita. Didalam alur pengarang akan membawa pembaca ke permasalahan yang menjadi klimaks atau puncak dari permasalahan dan biasanya akan terrsampaikan suatu pesan dalam cerita anekdot tersebut. Pembagian alaur menurut urutan waktu adalah alur campuran (adanya perpaduan alur maju dan kebelakang), alur maju (alur yang dalam ceritanya bergerak mulai dari pertama atau awal sampai akhir), dan yang terakhir adalah alur kebelakang atau mundur (bersifat flashback).

3. Penokohan
Seperti karangan narasi yang lain didalam anekdot juga terdapat penokohan. Dalam cerita anekdot biasanya tokoh yang terkenal yaitu tokoh yang sudah banyak dikenali oleh publik, bisa juga tokoh imajinatif (tidak nyata).

4. Latar 
Latar biasanya berupa latar waktu, latar tempat dan juga latar sosial budaya.

5. Sudut pandang 
Ada tiga macam sudut pandang yaitu
- sudut pandang yang pertama : menggunakan kata ganti aku
- yang ketiga : ia, dia, mereka dan nama tokoh
- campuran

itu dia artikel tentang Pengertian, Struktur, Ciri Ciri Anekdot, semoga dapat menambah wawasan atau pengetahuan sobat ya hehehe...
bye bye.. Wasalamualaikum wr wb.
thanks for visiting my blog

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »