Teori masuknya HINDU-BUDHA ke Indonesia

Assalamualaikum wr wb
Selamat datang di blog saya , saya kali ini akan berbagi ilmu yaitu tentang pelajaran “SEJARAH INDONESIA” Tanpa basa basi lagi silakan dibaca artikel saya tentang “Teori masuknya HINDU-BUDHA ke Indonesia” Teori masuknya Hindu-Budha ke Indonesia dibagi menjadi 4 teori yaitu , teori KSATRIA , teori WAISYA , teori BRAHMANA , dan teori ARUS BALIK

  • Tori KSATRIA

  Pada Teori ini R.C Majundar berpendapat , bahwa munculnya kerajaan atau pengaruh hindu di Nusantara disebabkan oleh perannan kaum ksatria atau prajurit India. Para prajurit diduga Melarikan diri dari India dan mendirikan kerajaan kerajaan di Nusantara , namun teori yang dikemukakan oleh    R.C Majundar ini kurang disertai dengan bukti bukti yang mendukung .
Selama ini belum ada ahli arkeolog yang dapat menemukan bukti bukti yang menunjukan adanya ekspansi dari prajurit India ke Nusantara . kekuatan teori ini terletak pada semangat petualangan kaum ksatria .

  • Teori WAISYA

  Pada Teori ini pendapat N.J Krom yang mengatakan bahwa kelompok yang berperan dalam Penyebaran Hindu-Budha di ASIA TENGGARA , termasuk Indonesia adalah kaum pedagang (WAISYA) . pada mulanya para pedagang India berlayar untuk berdagang . pada saat itu jalur perdagangan ditempuh melalui lautan yang menyebabkan mereka tergantung pada angin Dan kondisi alam . bila angin tidak memunginkan maka mereka akan menetap lebih Lama Untuk menunggu angin baik . para pedagang Indiapun melakukan perkawinan dengan penduduk pribumi dan melalui perkawinan tersebut mereka mengembangkan kebudayaan India . menurut G.Coedes , yang memotivasi para pedagang India untuk datang ke ASIA TENGGARA adalah keinginan untuk memperoleh barang tambang terutama emas dan hasil hutan .

  • Teori BRAHMANA
Teori ini sesuai dengan pendapat J.C. Van Leur bahwa Hindunisasi di Nusantara disebabkan oleh kaum brahmana . pendapat Van Leur didasarkan temuan temuan prasasti yang menggunakan bahasa sansekerta dan huruf pallawa . bahasa dan huruf tersebut hanya dikuasai oleh kaum Brahmana . selain itu mereka di undang ke ASIA TENGGARA oleh penguasa di ASIA TENGGARA untuk memimpin upacara keagamaan , seperti pelaksanaan upacara inisiasi yang dilakukan oleh kepala suku agar menjadi golongan ksatria. Pandangan ini sejalan dengan pendapat yang dikemukakan oleh Paul Wheatly bahwa para penguasa local di ASIA TENGGARA sangat berkepentingan dengan kebudayaan India guna mengangkat status social mereka.

ini patut dibaca ==>> Sejarah Sistem Operasi

  • Teori Arus-Balik
Teori ini lebih menekankan pada peranan bangsa Indonesia sendiri dalam proses penyebaran Hindu-Budha di Indonesia . artinya , orang orang di Nusantara terutama para tokohnya yang pergi ke India . di India mereka belajar ihwal agama dan kebudayaan Hindu-Budha . setelah pulang atau kembali dari India mereka mengajarkan dan menyebarkan agama itu kepada masyarakatnya . pandangan ini dikaitkan dengan pandangan F.D.K Bosch yang menyatakan bahwa proses Indianisasi di Nusantara dilakukan oleh kelompok tertentu , mereka itu terdiri dari kaum terpelajar yang mempunyai semangat untuk menyebarkan agama Budha. Kedatangan mereka disambut baik oleh para tokoh masyarakat . selanjutnya karena tertarik dengan ajaran Hindu-Budha mereka pergi ke India untuk memperdalam ajaran itu. Lebih lanjut Bosch mengumumkan bahwa proses Indianisasi adalah suatu pengaruh yang kuat Terhadap kebudayaan local.

Itu artikel tentang “teori masuknya Hindu-Budha ke Indonesia” semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi para pembacanya……….
Bye bye sobat Wassalamualaikum wr wb


Thanks for visiting my Blog




Share this

Related Posts

First