Mujahadah an-nafs (pengendalian diri) , Husnuzzan (prasangka baik) , ukhuwwah (persaudaraan)

Assalamualaikum wr.wb
   Hello guys welcome to my blog , kali ini saya mau share tentang pelajaran “PAI”
Nah , kali saya akan menyampaikan tentang “Mujahadah an-nafs (pengendalian diri) , Husnuzzan (prasangka baik) , ukhuwwah (persaudaraan)”…...hehehe tanpa basa basi lagi silakan di baca artikelnya di bawah ya😀😀……..
  •  Mujahadah an-nafs adalah menahan diri dari segala sesuatu yang dapat merugikan kita semua, seperti sifat serakah. Dalam literature islam , mujahadah an-nafs dikenal dengan istilah as-saum atau puasa. Karena Puasa adalah salah satu cara atau sarana untuk mengendalikan diri.
  •  Husnuzzan berasal dari bahasa arab yakni husnu yang berarti baik , dan zan yang berarti prasangka, jadi bisa kita simpulkan husnuzzan adalah prasangka baik pada orang lain. Berdasarkan ilmu akhlak Husnuzzan dibagi menjadi 3 yaitu :
ini patut dibaca ==>> Microsoft Visio 2013 Download

a) Husnuzzan kepada Allah swt.
b) Husnuzzan kepada diri sendiri.
c) Husnuzzan kepada orang lain.
Lawan dari sifat ini adalah su’uzzan , su’uzzan adalah prasangka buruk
Jadi kesimpulanya su’uzzan adalah mengira orang lain melakukan hal hal yang buruk tanpa adanya bukti apapun.
  •  Ukhuwwah dalam islam dimaksudkan bukan sebatas hubungan krabat atau karena factor keturunan , tetapi yang dimaksud ukhuwwah dalam islam adalah persaudaraan yang diikat oleh tali aqidah atau sesama muslim dan persaudaraan karena fungsi kemanusiaan atau sesama manusia mahluk allah swt.

Hehehe semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi para pembacanya “AMIN”…….
Bila ada salah kata di artikel saya mohon di maklumi ya xD saya undur diri dulu ya dan semoga saya bisa menulis artikel artikel yang bermanfaat bagi kalian semua…… Assalamualaikum wr.wb….
Thanks for visiting my blog






Share this

Related Posts

Previous
Next Post »