Sejarah Dakwah Rasulullah SAW Periode Mekah


Assalamualaikum wr wb

   selamat datang di blog saya...kali ini saya akan share tentang pelajaran "PAI" yakni tentang "SEJARAH DAKWAH RASULULLAH SAW PERIODE MEKAH" tanpa basa basi lagi silakan anda baca artikelnya dibawah heheh.......

A. SEJARAH DAKWAH RASULULLAH SAW PERIODE MEKAH


1. Masyarakat Arab Jahiliah Periode Mekah

  Objek dakwah Rasulullah SAW dalam awal kenabian ialah warga Arab jahiliah, atau masyarakat yang masih berada dalam kebodohan. Kebodohan warga Arab waktu itu, terdapat pada bidang agama, moral, dan hukum , dalam bidang agama, umumnya rakyat Arab waktu itu sudah menyimpang jauh
Sejarah Dakwah Rasulullah SAW Periode Mekah
serta ajaran kepercayaan Tauhid, yang sudah diajarkan oleh para rasul terdahulu, seperti Nabi Ibrahim A.S. Mereka umumnya beragama watsani atau kepercayaan penyembah berhala. Berhala-berhala yang mereka puja itu mereka letakkan di Ka’bah (Baitullah = rumah Allah SWT) yang jumlahnya sampai 300 lebih. Di antara berhala-berhala yang termashyur bernama: Ma’abi, Hubal, Khuza’ah, Lata, Uzza, serta Manat.

  Kecuali itu terdapat pula sebagian warga Arab jahiliah yang menyembah malaikat serta bintang yang dilakukan kaum Sabi’in serta menyembah surya, bulan, serta jin yang diperbuat oleh sebagian rakyat di luar kota Mekah. Dalam bidang moral, masyarakat Arab jahiliah sudah menempuh
langkah-cara yang sesat, semisal:

ini patut dibaca ==>>KEY GEN COREL PRODUCT’s


A. Apabila terjadi peperangan antarkabilah, maka kabilah yang kalah perang akan dijadikan budak oleh kabilah yang menang perang.



B. Menempatkan perempuan dalam kedudukan rendah. Pada masyarakat Arab jahiliah perempuan tidak berhak mewarisi harta peninggalan suaminya, ayahnya, atau anggota keluarga yang lain. Bahkan seorang perempuan (istri) boleh diwarisi oleh anak tirinya atau anggota keluarga lain serta suaminya yang telah tewas.

ini patut dibaca ==>>Wallpaper Android Naruto HD


C. Memiliki kebiasaan buruk, ialah berjudi serta meminum Miras. Kejahiliahan mereka dalam bidang hukum antara lain anggapan mereka bahwa judi, bermabuk-mabukan, berzina, mencuri, merampok, dan menghabisi, bukan merupakan perbuatan yang salah.


  Tetapi perlu diketahui bahwa tidak semua perilaku warga Arab jahiliah itu buruk, tetapi ada pula yang baiknya. Semisal: memiliki keberanian serta kepahlawanan, suka menghormati tamu, murah hati, serta mempunyai harga diri. Juga pada bidang perdagangan, ada sebagian warga Arab jahiliah yang sudah mempunyai kemajuan. Misalnya, para pedagang dari kabilah Quraisy, berdagang dalam musim panas ke negeri Syam (kini Suriah, Libanon, Palestina, dan Yordania) dan pada musim dingin ke Yaman (lihat Q.S. Quraisy, 106: 1-4). Mereka memperdagangkan bulu domba, unta, kulit binatang, serta tali.

itu dulu ya artikelnya besok saya sambung dengan artikel yang berjudul "Pengangkatan Nabi Muhammad SAW sebagai Rasulullah"

hehehehe somoga artikel diatas bermanfaat ya....
thanks for visiting my blog

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »