Wilayah laut indonesia

hai sobat.. selamat datang di blog saya, kali ini saya akan memposting sebuah materi pelajaran PKN yaitu  Wilayah laut indonesia. tanpa berlama lama lagi silakan sobat baca artikelnya dibawah ini ya..

Wilayah laut indonesia  

ini patut dibaca ==>>  Makna, Hukum, dan Keutamaan Menuntut Ilmu.
 

 Wilayah laut indonesia itu dapat dibedakan menjadi 3 yaitu : 



Zona Laut Teritorial

  Batas laut teritorial ialah garis khayal yang berjarak 12 mil laut dari garis dasar ke arah laut lepas. bila terdapat dua Negara atau lebih menguasai suatu lautan, sedangkan lebar lautan itu sendiri kurang dari 24 mil laut, maka garis teritorial ditarik sama jauh dari garis masing masing negara tersebut. Laut yang terletak antara garis dan garis batas teritorial disebut laut teritorial. Laut yang terletak disebelah dalam garis dasar disebut laut internal atau perairan dalam (laut nusantara). Garis dasar adalah garis khayal yang menghubungkan titik tikik dari ujung ujung pulau terluar. Sebuah negara mempunyai hak sepenuhnya atas kedaulatan sampai batas laut teritorial, tetapi mempunya kewajiban menyediakan alur pelayaran lintas damai baik diatas maupun dibawah permukaan laut.

Zona Landas Kontinen
  Landas kontinen adalah dasar laut yang secara geologis dan juga secara morfologi merupakan lanjutan dari sebuah kontinen (benua). Kedalaman lautnya kurang dari 150 meter. Indonesia terletak pada dua landasan kontinen, yaitu landasan kontinen Asia dan landasan kontinen Australia. dan juga batas landas kontinen tersebut diukur dari garis dasar, yaitu paling jauh yaitu 200 mil laut. Jika ada dua negara atau lebih menguasai lautan diatas landasan kontinen, maka batas negara tersebut ditarik sama jauh dari garis dasar masing masing negara.
  Di dalam sebuah garis batas landas kontinen ini, indonesia mempunyai kewenangan untuk memanfaatkan sumber daya yang ada di dalamnya, dengan kewajiban menyediakan alur pelayaran lintas damai. Pengumuman tentang batas dari landas kontinen ini dikeluarkan oleh pemerintah indonesia pada tanggal 17 Febuari 1969.

ini patut dibaca ==>> Profesi Dalam Bidang Teknologi Informasi

Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE)
  ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif) adalah jalur laut selebar 200 mil laut ke arah laut terbuka di ukur dari garis dasar. Di dalam ZEE ini, Indonesia mendapat sebuah kesempatan pertama dalam memanfaatkan sumber daya laut. Di dalam ZEE ini kebebasan pelayaran dan juga pemasangan kabel serta pipa dibawah laut tetap diakui sesuai dengan prinsip prinsip hukum laut Internasional, batas landas kontinen, dan batas ZEE. Jika ada dua negara yang bertetangga saling tumpang tindih, maka ditetapkan garis garis yang menghubungkan titik yang sama jauhnya dari garis dasar kedua negara itu sebagai batasnya. Pengumuman tentang ZEE Indonesia dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia pada tanggal 21 maret 1980.

itu dia artikel tentang Wilayah laut indonesia semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan pengetahuan sobat ya...
thanks for visiting my blog

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »