Macam macam haji dan Keutamaan haji

Macam macam haji dan Keutamaan haji

Assalamualaikum wr wb
  Hai sobat selamat datang di blog saya.. kali ini saya akan memposting materi Pelajaran Pendidikan Agama Islam atau yang lebih akrab disebut PAI yaitu tentang Macam macam haji dan Keutamaan Haji. Sebelum membahas lebih lanjut tentang Macam macam haji dan Keutamaan Haji, sobat juga perlu mengerti apa itu haji jadi sobat patut membaca ini terlebih dahulu ==>>Pengertian Haji, Syarat, dan Rukun Haji. tetapi bila sobat sudah tau apa itu haji langsung saja anda baca artikel ini tentang Macam macam haji dan Keutamaan haji dibawah ya...

Macam macam haji dan Keutamaan haji

Macam Macam Haji
Dalam Segi Pelaksanaannya, Ibadah Haji Dibagi Menjadi 3 Jenis, Yaitu :
1. Haji Tamattu’
 Haji Tamattu’ yaitu melaksanakan Umrah terlebih dahulu baru setelah itu menggunakan pakaian ihram lagi untuk melaksanakan manasik haji. Jenis haji inilah yang mudah dan paling banyak dilaksanakan jama’ah haji indonesia. Namun demikian, pelaksanaan haji jenis ini diwajibkan membayar dam atau berpuasa sepuluh hari, yaitu tiga hari pada waktu di tanah suci dan tujuh hari setelah kembali ketanah air.
2. Haji Ifrad
  Haji Ifrad adalah berihram dan berniat dari miqat hanya untuk haji. Dengan kata lain, mengerjakan haji terlebih dahulu kemudian baru melaksanakan umrah. Jenis haji ini cukup sulit dilaksanakan oleh jama’ah haji asal indonesia, terutama yang tidak terbiasa mengenakan kain ihram. Sebab, semenjak jama’ah tiba di Mekkah, mereka tidak boleh melepas kain ihram hingga tiba hari raya Idul Adha atau setelah pelemparan jumrah aqabah. Jama’ah yang melaksanakan haji ifrad tidak diwajibkan membayar dam.
3. Haji Qiran
  Haji Qiran adalah melaksanakan haji dan umrah dengan satu kali ihram. Artinya, apabila seorang jama’ah haji memilih haji jenis ini, maka jama’ah tersebut berihram dari miqat untuk haji dan umrah secara bersamaan. Jama’ah yang melaksanakan haji jenis ini diwajibkan memotong hewan qurban.

Keutamaan Haji
  Setiap ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT. memiliki hikmah dan keutamaan keutamaan yang berbeda beda antara ibadah yang satu dengan yang lainya sebagai bentuk saling melengkapi dan menyempurnakan. Adapun yang termasuk dalam keutamaan keutamaan haji adalah sebagai berikut :
1. Haji Merupakan Amal Paling Utama
  Ketika Rasulullah saw. ditanya mengenai amal yang paling utama, maka beliau menjelaskan bahwa amal yang paling utama adalah beriman kepada Allah swt. dan Rasul-Nya, berjihad di jalan Allah, dan haji yang mabrur. Adapun haji yang mabrur maksudnya adalah orang yang sekembalinya dari melaksanakan ibadah haji perilakunya berubah menjadi lebih baik.

ini patut dibaca ==>> Arsitektur Sistem Operasi

2. Haji Merupakan Jihad
  Imam Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan sebuah dialog didalam sebuah hadis sebagai berikut :
“Ya Rasulullah, bolehkah kami ikut berperang dan berjihad bersama engkau semua?’ jawab Rasul, ‘Bagi engkau ada jihad yang lebih baik dan lebih indah, yaitu haji, haji yang mabrur.’ Ujar A’isyah ra. Pula, ‘setelah mendengar jawaban dari Rasulullah saw. ini aku tak pernah lagi meninggalkan ibadah haji.”(HR. Bukhari dan Muslim)
3. Haji Menghapus Dosa
  Diriwayatkan dari Amar bin Ash, “Tatkala Allah swt. telah menanamkan di hatiku, aku datang menemui Rasulullah saw. lalu berkata, ‘ulurkanlah tanganmu agar aku berbaiat kepadamu.’ Rasulullah pun mengulurkan tanganya, tetapi aku masih mengatupkan telapak tanganku. Maka beliau bertanya, ‘Bagaimana kau ini wahai Amar?’ Ujarku, ‘Aku akan mengajukan syarat .’ ‘Apa syaratnya?’ tanya Rasulullah. ‘yaitu agar aku diampuni.’ Ujarku. Maka beliau bersabda, ‘tidaklah engkau tahu bahwa islam itu menghapuskan keadaan sebelumnya, begitu juga hijrah menghapuskan apa yang sebelumnya, juga haji menghapuskan apa yang sebelumnya.”(HR. Muslim)
4. Pahala Ibadah Haji Adalah Surga
  Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Umrah kepada umrah menghapuskan dosa yang terdapat di antara keduanya, sedang haji yang mabrur tidak ada ganjarannya selain surga.”(HR. Bukhari Muslim)

itu dia artikel tentang Macam macam haji dan Keutamaan haji, semoga dapat menambah pengetahuan, wawasan sobat ya.. Bye bye.. Wassalamualaikum wr wb..


thanks for visiting my blog 






Share this

Related Posts

Previous
Next Post »